Minggu, 02 Agustus 2009

Bertani

Bertani (kata kerja) Bercocok tanam. Mengusahakan tanah dengan tanam-menanam. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata bertani adalah bercocok tanam. Arti lainnya dari bertani adalah mengusahakan tanah dengan tanam-menanam. Bertani berasal dari kata dasar tani.

Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi, bunga, buah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Mereka juga dapat menyediakan bahan mentah bagi industri, seperti serealia untuk minuman beralkohol, buah untuk jus, dan wol atau kapas untuk penenunan dan pembuatan pakaian. (wikipedia)

Pertanian sebagai serangkaian kegiatan yang saat dibutuhkan oleh manusia dengan banyak mengandung makna secara sempit dan luas. Sehingga secara spesifiknya banyak pendapat dan pandangan yang muncul terkait dengan bidang ini.

Pertanian tradisional adalah model pengembangan pertanian yang bersifat ekstensif dan belum memaksimalkan input yang ada, hal ini menjadi penyebab bahwa adanya sifat tak menentu karena tempat untuk melakukan cocok tanam yang masih berpindah-pindah. Sehingga pertanian tradisional merupakan pertanian yang akrab dengan lingkungan karena tidak ada penggunaan pestisida selama proses produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar