Minggu, 02 Agustus 2009

Fauna

Kata fauna berasal dari bahasa latin yang arti nya alam hewan. Dalam mitologi Romawi, kata fauna dapat diartikan sebagai kakak dari faunus, yang artinya sebagai roh yang baik hutan dan daratan. jadi pengertian Fauna adalah sebuah lingkungan hewan yang mencakup semua jenis hewan dan kehidupannya yang berada diwilayah dan masa tertentu. 

Fauna atau hewan yang ada dipermukaan bumi penyebaran nya dipengaruhi oleh suatu keadaan lingkungan sekitar yang sesuai untuk tempat tinggal hidupnya. Bila suatu kelompok fauna sudah tidak sesuai lagi untuk ditinggali di daerah tertentu, kelompok fauna itu akan melakukan sebuah migrasi atau perpindahan ke daerah lain. secara garis besar, daerah pesebaran fauna di dunia dapat diklasifikasikan menjadi delapan wilayah persebaran.

Pengelompokan hewan menjadi 3 jenis sebagai berikut :

Herbivora, Istilah herbivora dipakai untuk menyebut hewan yang memakan jenis tumbuh-tumbuhan. Ciri-ciri hewan herbivora umumnya berkaki empat, hewan mamalia, dan hidup di daratan. Contoh hewan herbivora yaitu sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, kelinci, dan kerbau. Kelompok burung pemakan biji-bijian juga termasuk dalam jenis herbivora.

Karnivora, Istilah karnivora dipakai untuk menyebut hewan pemakan daging. Ciri-ciri fisik yang terdapat pada hewan jenis ini umumnya mempunyai gigi taring atau gigi-gigi yang berjumlah banyak dan tajam serta cakar atau kuku yang kuat. Beberapa di antaranya mempunyai bisa atau racun untuk melumpuhkan mangsanya. Contoh hewan karnivora yaitu singa, macan, harimau, kucing, anjing, ular, burung elang, dan buaya.

Omnivora, Istilah omnivora dipakai untuk menyebut hewan pemakan segala. Jenis hewan ini bisa memakan tumbuhan, biji-bijian, mau pun hewan lainnya. Contoh hewan pemakan segala yaitu babi, ayam, tikus, dan beberapa jenis unggas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar