Minggu, 02 Agustus 2009

Batanghari Sepape


Sepape nama sebuah Sungai kecil dalam bahasa lubai disebut Batanghari. Sungai adalah air tawar dari sumber alamiah yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan menuju atau bermuara ke laut, danau atau sungai yang lebih besar. Secara alami, sungai mengalir sambil melakukan aktivitas yang satu sama lain saling berhubungan.

Di sepanjang Daerah Aliran Sungai Sepape terdapat tanah lahan pertanian yang potensial. Dahulu dilokasi terdapat karet yang dikelola oleh rakyat desa Jiwa Baru Lubai. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat Lubai yang dilanda euforia Informasi dan Komunikasi yang mengakibat sebagian masyarakat ada yang melupakan adat istiadat yang berlaku. 

Akibatnya dari melupakan adat istiadat yang berlaku, suatu saat Sepape akan hilang ditelan Zaman. Batanghari Sepape dan tanah disepanjang aliran sungai, berpindah hak penguasaannya semula milik masyarakat Jiwa Baru menjadi milik Perusahaan yang bermodal besar.

Maafkan kami, nenek moyang yang telah mewariskan lahan pertanian di sekitar batanghari Sepape, kami tidak mampu mempertahankan hak penguasaaan tanah yang telah engkau warisan kepada kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar