Kamis, 06 Agustus 2009

Arisan Kerja

Budaya gotong royong memang sangat kental dalam masyarakat tanah air, seperti gotong royong membangun rumah, gotong royong, membuka lahan pertanian, gotong royong menanam dan panen padi. Masyarakat Lubai mempunyai tradisi gotong royong menanam padi dalam bahasa Lubai "nugal padi".

Ngambek Ahi :

Ngambek akhi dalam bahasa Lubai, mempunyai makna mengambil hari suatu kegiatan memberikan tenaga bantuan kepada pihak lain agar dihari yang lain orang yang kita bantu tadi akan memberikan tenaga bantuan kepada pihak kita kembali. Pelaksanaan ngambek akhi biasanya dilaksana pada saat kegiatan musim nugal, yaitu acara menanam padi di ladang dalam bahasa Lubai "ume". Nugal padi adalah kegiatan bergotong royong dengan cara melubangi tanah dengan alat tugal kemudian di isi dengan benih padi.

Keluarga besar penulis pernah mengadakan acara "ngambek akhi nugal padi". Waktu itu keluarga kami mengadakan acara "ngambek akhi di Ladang kami di Dataran Gemsuruman, desa Kurungan Jiwa, kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan. Sistem ngambek akhi seperti arisan tenaga kerja. Dalam kesempatan ini keluarga kami sebagai tuan rumah arisan tenaga kerja, mendapat giliran untuk mengundang orang. Pada hari yang lain Ayahanda kami mendapat undangan dari pihak lain, untuk menugal padi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar