Minggu, 13 September 2009

Ikan Arwana

Pendahuluan

Ikan Arwana Asia  disebut juga Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Nama ikan ini : Arwana, Nama lain :  ikan Siluk, ikan Kangan, ikan Kalikasi, dan ikan Kelasa, Nama ilmiah : Scleropages formosus.

Karakteristik Ikan

Secara morfologis (ciri-ciri fisik), badan dan kepala arwana agak padat. Tubuhnya pipih dan punggungnya datar, hampir lurus dari mulut hingga sirip punggung. Garis lateral atau gurat sisi yang terletak di samping kiri dan kanan tubuh arwana panjangnya antara 20–24 cm. 

Bentuk mulutnya mengarah keatas dan mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya cukup kukuh. Giginya berjumlah 15-17. Bagian insangnya dilengkapi dengan penutup insang. Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip ekor (caudal). Sirip anusnya lebih panjang daripada sirip punggung (dorsal), hampir mencapai sirip perut (ventral). Panjang arwana dewasa sangat variatif, antara 30–80 cm. 

Bentuk badannya gepeng dan bersisik besar meliuk-liuk indah saat berenang di akuarium. Ditambah tumbuhnya dua sungut di ujung bibir bawah membuat ikan ini mirip liong atau naga. Karena itu, tidak mengherankan jika sebagian masyarakat menyebutnya dengan kimliong atau ikan naga emas. Layaknya naga, arwana juga dianggap sebagai simbol keberhasilan, keperkasaan, dan kejayaan.

Ikan arwana termasuk jenis ikan yang sangat agresif dan gesit. Apabila ikan arwana sedang stres, maka ia akan menabrakan dirinya ke tembok akuarium atau meloncat-loncat. Oleh karena itu, supaya ikan arwana tidak stres kita harus berhati-hati ketika sudah memutuskan untuk merawatnya. Bahkan, jika ingin merawat ikan arwana di akuarium sangat disarankan untuk memberikan penutup akuarium supaya ikan tidak loncat keluar.

Kegunaan Ikan

Ikan merupakan salah satu ikan hias yang mempunyai nilai jual tinggi. Ikan ini pernah booming di masa lampau. Sekarang, meskipun penjualan tidak seperti masa lampau lagi, tetapi masih banyak yang mencari ikan jenis ini. Konsumen utama bisnis budidaya ikan arwana ini, selain para pengecer, juga para penggemar ikan hias langsung serta hotel dan perusahaan yang sering menjadikan ikan ini dekorasi ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar