Kamis, 03 September 2009

Tumbuhan Asam Kandis

Pendahuluan

Tumbuhan Asam kandis termasuk golongan pohon yang daunnya selalu hijau (evergreen) dalam arti tidak menggugurkan daunnya di musim gugur. Nama tumbuhan ini : Asam Kandis, Nama ilmiah : Garcinia xanthochymus.

Karakteristik Tumbuhan

Pohon, tinggi mencapai 15 m, batang pendek dan lurus, tajuk padat, berbentuk piramida, kulit kayu cokelat keabu-abuan, getah putih, lengket, tidak berlebihan; semua bagian gundul; cabang dan daun sering terkulai, ranting bersudut. Daun lonjong menyempit, 12-24 cm × 4-7 cm, hijau tua, bagian atas berkilau, daun ketumbar, hijau pucat saat muda; pelepah menonjol, banyak vena paralel pendek; tangkai daun sepanjang 1-2.5 cm.  Bunga ketiak daun, dalam daun 4-10, diameter sekitar 1 cm, putih; pedicel panjang 2-3.5 cm; sepal dan kelopak 5; bunga betina dengan kepala putik 5 lobus. Buah subglobose, runcing, diameter sampai 9 cm, dimahkotai dengan kepala putik yang kuat; kulit halus, oranye pucat sampai kuning tua, lembut, tipis.  Biji 1-5, coklat, panjang sekitar 2.5 cm, dikelilingi daging buah kuning jingga cerah.

Kegunaan Tumbuhan

Asam kandis dimanfaatkan buahnya. Rasanya masam dan dijadikan bumbu dapur, selai, campuran kari, serta dibuat acar. Asam kandis banyak dipakai dalam masakan dari Sumatera. Dibandingkan dengan kuliner dari negara lain, kuliner nusantara memang banyak menggunakan rempah. Nah salah satu rempah yang populer banget di Indonesia adalah asam kandis.

Selain itu, kayu dari batang pohon asam kandis juga dapat dimanfaatkan, baik untuk material bangunan ataupun keperluan lainnya. Selain karena batangnya lurus, kayunya juga keras dan berkualitas baik. Kualitas kayunya akan semakin baik apabila diberi perlakuan tertentu terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan. Hanya dengan memanfaatkan pohon asam kandis yang berasal dari pohon yang tumbuh alami saja, masyarakat setempat telah merasakan manfaatnya dalam membantu perekonomian mereka. 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa senyawa rubraxanthone dan isocowanol di dalam asam kandis mampu mencegah penyempitan pembuluh darah yang menjadi pemicu stroke. Kulit dan buah asam kandis yang berwarna kuning cerah juga kaya akan antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas. 

Penutup

Tulisan ini merupakan hasil kajian kepustakaan ruang digital melalui situs internet. Ucapan terima kasih penulis kepada para pengelola situs internet yang telah saya jadi sumber tulisan ini dan mohon maaf nama penulis sumber tulisan tidak saya tuliskan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar