Kamis, 10 September 2009

Batanghari Sembilan

Sungai dalam bahasa Sumatera Selatan disebut Batanghari. Batanghari Musi merupakan sungai terpajang di Sumetera Selatan, panjangnya 750 kilometer lebar rata-rata 300 meter. Ada yang memperkirakan nama Musi berasal dari India, sebab ada nama Musi di pusat peradaban Hindu tersebut. Terakhir, ada yang menyebutkan nama Musi berasal dari bahasa Melayu yang berarti ikut atau aliran, seperti yang masih digunakan masyarakat Kayuagung.

Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan: Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang.

Mata airnya bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sungai Musi disebut juga Batanghari Sembilan yang berarti sembilan sungai besar, pengertian sembilan sungai besar adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar yang bermuara di Sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah :

Batanghari Musi melintasi Kota Palembang, membelah Propinsi Sumatera Selatan dari Timur ke Barat yang bercabang-cabang dengan delapan anak sungai besar yaitu : 
  1. Batanghari Komering melintasi : Kota Martapura dan Kayu Agung; 
  2. Batanghari Ogan melintasi : Kota Batu Raja; 
  3. Batanghari Lematang melintasi : Kota Lahat;
  4. Batanghari Kelingi melintasi : 
  5. Batanghari Lakitan melintasi :
  6. Batanghari Semangus melintasi :
  7. Batanghari Rawas melintasi :
  8. Batanghari Leko melintasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar