Jumat, 11 September 2009

Ikan Seluang

Pendahuluan

Ikan Seluang merupakan ikan yang banyak terdapat di sungai di daerah asia tenggara, termasuk Malaysia, Brunei, dan Indonesia. Ikan ini bersisik seperti ikan lampam tetapi berbentuk tirus seperti anak Jelawat. Nama Ikan ini : Seluang, Nama lain : Rasbora daniconius, Nama ilmiah : Rasbora spp.

Karakteristik Ikan Seluang

Karakteristik ikan seluang ini digambarkan dalam bentuk fisiknya yang secara umum. Bentuk tubuh ikan seluang yaitu pipih dan memanjang dengan sisik tipis yang menempel pada tubuhnya.

Selain itu ikan seluang juga memiliki warna putih keperakan dan bagian sisi tubuhnya terdapat corak garis berwarna hitam. Corak tersebut akan memudar pada saat ikan mulai tumbuh dewasa. Kemudian ikan selauang ini juga memiliki ukuran tubuh yang kecil-kecil.

Sungai Musi dan anak-anaknya di Provinsi Sumatera Selatan, banyak dihuni oleh Ikan Seluang. Batanghari Lubai yang merupakan cicit dari Sungai Musi dulu banyak ikan jenis ini. Danau Sipin dan Danau Teluk Kenali terutama pada musim hujan saat air Sungai Batanghari meluap di Provinsi Jambi banyak ikan. Pembiakan berlaku secara semula jadi di habitat asal. Ia lebih selesa dalam air neutral bercampur sedikit asid. Pada habitat ini, ia akan melekatkan telurnya pada tumbuhan air seperti kiambang atau keladi bunting.

Pada era tahun 1970-an penulis ikut Ayah menjala pada malam hari di Sungai Lubai, kami mendapatkan hasil yang banyak. Saat ini ikan Seluang di Lubai populasi semakin berkurang, karena manusia semakin banyak mengambilnya tanpa memikirkan perkembangan biakkannya.

Kegunaan Ikan Seluang

Untuk digulai pindang dan digoreng serta dibuat ikan pepes. Di negara Singapura dan Malaysia ikan ini diperdagangkan menjadi ikan hias Akuarium. Hidangan ikan seluang menjadi salah satu ikon kuliner Melayu, yang tersebar dari Pekanbaru, Palembang, hingga Banjarmasin. Variasi masakannya amat lebar, mulai dari pempek, tekwan, hingga sate lilit dan pepes kelapa.

Salah satu peyakit yang sangat membahayakan nyawa adalah sakit jantung. Jenis penyakit ini bisa membuat nyawa melayang, ketika kondisi tubuh baik secara fisik maupun mental tidak dijaga dengan benar. Untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung salah satu hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan memperhatikan pola makan kita. Makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung salah satunya yaitu ikan seluang. Ikan selaung ini sangat dipercaya bisa kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu ikan ini juga berkhasiat untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang rendah, tinggi protein, dan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan jantung.

Penutup

Tulisan ini merupakan hasil kajian kepustakaan ruang digital melalui situs internet. Ucapan terima kasih penulis kepada para pengelola situs internet yang telah saya jadi sumber tulisan ini dan mohon maaf nama penulis sumber tulisan tidak saya tuliskan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar