Kamis, 03 September 2009

Tumbuhan Kayu Putih

Pendahuluan

Tumbuhan Kayu putih adalah sejenis pohon dimana hasil minyak dari olahan daun keringnya dapat digunakan untuk obat. Meskipun kayu putih digunakan untuk banyak tujuan kesehatan, namun belum ada bukti ilmiah untuk menilai seberapa efektif kegunaannya. Nama tumbuhan ini : Kayu Putih, Nama lain : Gelam (lubai), Ghelam (madura), Inggolom (batak), Naman ilmiah : Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron.

Karakteristik 
Tumbuhan

Kayu putih merupakan semak hijau atau biasanya pohon bertangkai tunggal setinggi 25 (-40) m dengan sistem akar yang luas, terkadang dengan akar adventif udara. Kulit berlapis, berserat dan tipis, abu-abu sampai putih. Mahkota cukup padat dan lebar, agak keperakan dalam penampilan; cabang dan ranting yang lebih kecil ramping tetapi tidak terkulai, tunas muda berbulu lebat halus dengan rambut halus yang menyebar hingga panjang 2 mm.

Daun bergantian, pipih, berbulu halus hingga berkilau; tangkai daun dikompresi menjadi cekung-cembung, 3-7 (-11) mm × 1.1-2.3 mm, lurus atau melengkung; bilah elips hingga lanset-elips, terkadang miring begitu, 5-10 (-12) cm × 1-2.5 (-6) cm, 2-10 kali lebih panjang dari lebar, dilemahkan atau terkadang membulat secara tiba-tiba di pangkalan, puncak akut atau tumpul sempit, sering apikulata, tipis koriaceous, hijau kusam, halus tapi tidak jelas dengan kelenjar minyak, dengan 5-7 vena menonjol dan retikulasi menonjol. Perbungaan terminal atau paku atas-ketiak, tunggal atau 2-3 bersama-sama; paku berbunga cukup padat, 3.5-9 cm × 2-2.5 cm; ketebalan daun 1-1.3 mm, membesar saat bunga mekar, pilose padat; bracts ovate, lurik, vili, caducous; bracteoles tidak ada.

Bunga dalam bentuk triad, putih, putih kehijauan atau krem; kelopak tubular, panjang 2.5-3 mm, puber, tabung subcylindrical, 1.2-1.9 mm × 1.5-2 mm, di pangkal bersinggungan dengan ovarium (persisten dalam buah), dengan 4 lobus segitiga hingga setengah lingkaran 0.7-0.9 mm × 1.2-2 mm dengan margin tipis; kelopak 5, lonjong-spatulasi lebar dengan cakar pendek, 2-2.7 mm x 1.8-2.3 mm, bilah suborbikuler dengan 7 urat bercabang ramping dan bercabang dengan kelenjar; benang sari banyak, panjang 7-10 mm, putih, tidak berbulu, tersusun dalam bundel dengan cakar sepanjang 1-3.5 mm; per bundel 7-10 filamen, melekat pada margin atas cakar, bagian bebas hingga panjang 8 mm; kepala sari 0.4-0.55 mm; putik dengan ovarium bersel 3 panjang sekitar 1 mm, panjang model 6-9 mm dan kepala putik kecil.

Buah berbentuk cawan sampai bundar, kapsul berbiji banyak, 3-3.5 mm x 3.5-4 mm, lubang berdiameter 1.5-2 mm dengan katup tipis.

Kegunaan Tumbuhan

Tumbuhan ini dapat menghasil minyak kayu putih, dengan cara diproduksi dari ekstrak daun segar maupun ranting pohon kayu putih. Hasil olahan ini dapat digunakan untuk mengobati pilek, sakit kepala, sakit gigi, tumor; melonggarkan dahak dan dapat juga diterapkan sebagai tonik. Beberapa orang beranggapan bahwa menerapkan minyak kayu putih pada kulit dapat menghindari infeksi karena tungau (scabies) dan infeksi jamur pada kulit (panu).

Minyak kayu putih memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba, sehingga sering digunakan dalam berbagai jenis produk sabun, deodorant, losion, parfum, seperti manfaat minyak zaitun. Minyak kayu putih memberikan sensasi hangat pada tubuh serta memiliki aroma lebih lembut, sehingga memberikan efek menenangkan.

Selain itu, minyak kayu putih merupakan minyak essensial yang dapat memberikan sensasi aromaterapi, yang dapat digunakan untuk mengurangi kabut otak, kelesuan, dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, dapat membantu mengusir kecemasan serta mendorong perasaan percaya diri.

Salah satu cara alami untuk menghilangkan rasa pusing atau sakit kepala adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher bagian belakang dan samping. Hal ini akan memberikan udara yang segar dan dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih rileks. Tubuh akan semakin tenang dan tidak tegang, sehingga hal tersebut bisa mengurangi rasa pusing dan sakit kepala.

Penutup

Tulisan ini merupakan hasil kajian kepustakaan ruang digital melalui situs internet. Ucapan terima kasih penulis kepada para pengelola situs internet yang telah saya jadi sumber tulisan ini dan mohon maaf nama penulis sumber tulisan tidak saya tuliskan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar