Kamis, 30 Juli 2009

Budaya Sumsel

1. What? atau Apa Budaya Sumatera Selatan?

Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sekelompok orang, dan diwariskan turun temurun untuk generasi ke generasi. Budaya asal katanya Budi dan Daya. Budaya ini terbentuk dari berbagai unsur yang rumit, termasuk sitem agama dan politik, adat istiadat, perkakas, bahasa, bangunan, pakaian, serta karya seni. 

Sumatera Selatan adalah sebuah provinsi Republik Indonesia terletak di Pulau Sumatera dengan ibukotanya Palembang. Budaya Sumatera Selatan merupakan perwujudan dari Budi dan Daya masyarakat provinsi Sumatera Selatan, diwariskan turun temurun untuk generasi ke generasi. Dimulai era  Kerajaan Sriwijaya dilanjutkan era Kesultanan Palembang Darussalam sampai dengan saat ini.

2. Who? atau Siapa tokoh utama Budaya Sumatera Selatan? 

Tokoh utama Budaya Sumatera Selatan sebagai berikut : 
Raja-raja dari Kerajaan Sriwijaya, yaitu antara lain : 1. Syailendra, 2. Bala Putera Dewa, dllnya 
Sulthan-sulthan dari Kesultanan Palembang Darussalam, yaitu antara lain : 1. Sultan Mahmud Baddaruddin II, dan sebagainya

3. When? atau Kapan dimulai Budaya Sumatera Selatan? 

Periode Kerajaan Sriwijaya yang berkuasa pada abad 7-13 Masehi, dalam kurun waktu 6 (enam) abad Budaya Sumatera Selatan berproses dibawah naungan kekuasaan kerajaan Sriwijaya. 

Periode Kesultanan Palembang Darussalam yang berkuasa pada abad 15 sampai dengan 18 Masehi, dalam kurun waktu 3 (tiga) abad Budaya Sumatera Selatan berproses dibawah naungan kekuasaan Kesultanan Palembang Darussalam.

4. Where? atau Dimana Budaya Sumatera Selatan? 

Pusat Budaya Sumatera Selatan ádalah di Kota Palembang. Pada masa kejayaan kerajaan Sriwijaya menetapkan Palembang sebagai ibukota kerajaan. Pada masa kekuasaan Kesultanan Palembang Darussalam, ibukota kesultanan tetap di Palembang. Walaupun kekuasaan di Sumatera Selatan selalu silih berganti, namun kota Palembang tetap merupakan pusat peradaban berabad-abad lamanya. 

5. Why? atau Mengapa terjadi Budaya Sumatera Selatan? 

Terjadi pembentukan suatu Budaya dilahirkan dari hasil Budi yang olah fikir dan Daya yang merupakan olah fisik suatu masyarakat. Suatu Budaya dipengaruhi oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pembentukan Budaya Sumatera Selatan ada beberapa faktor yaitu : 

Era Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjadi pusat pendidikan dan ilmu pengetahuan agama Budha, maka lambat laun pengaruh agama ini membentuk adat istiadat budaya di Sumatera Selatan. Setelah Kerajaan Sriwijaya hilang kekuasaannya dan berpindah kekuasaan.

Era Kesultanan Palembang Darussalam, maka transformasi budaya Islam secara perlahan mengganti adat istiadat Budaya Sumatera Selatan, yaitu yang semula Budaya diwilayah ini baik langsung maupun tidak langsung dipengaruhi agama Budha beralih menjadi Budaya yang berlandaskan ajaran syariat islam.  

6. How? atau Bagaimana proses Budaya Sumatera Selatan? 

Proses Budaya Sumatera Selatan terbentuk adalah berawal dari kekuasaan Kerajaan Sriwijaya yang menetapkan Palembang sebagai ibukota kerajaan. Dimana jayanya Sriwijaya dikenal sebagai pusat pendidikan dan ilmu pengetahuan mengenai agama Budha terbesar di Asia Tenggara. Pada saat itu kerajaan Sriwijaya dengan kekuatan armadanya yang tangguh, selain menguasai jalur perdagangan dan pelayaran antara Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia, juga telah menjadikan daerah ini sentra pertemuan antar bangsa. Hal ini telah menimbulkan transformasi budaya yang lambat laun berkembang dan membentuk identitas baru lagi daerah ini. 

Transformasi budaya ini terjadi pula dengan masuknya pengaruh Islam, terutama pada saat Sumatera Selatan dibawah kekuasaan Kesultanan Palembang Darussalam. Sebagian besar penduduk Sumatera Selatan sendiri sudah menganut agama Islam sebelum kesultanan Palembang berdiri. Beragam faktor yang mempengaruhi sejarah perkembangan masyarakat di Sumatera Selatan itu telah menimbulkan kebudayaan assimilasi di daerah ini, baik dalam tradisi, seni maupun aspek-aspek lain dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar