Rabu, 24 Juni 2009

Tumbuhan Kemiri

Pendahuluan

Tumbuhan Kemiri adalah tumbuhan yang bijinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak maupun rempah untuk masakan. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat. Nama tumbuhan ini : Kemiri, Nama lain :  kembiri, gambiri, hambiri,  kemiling, Nama ilmiah Aleurites moluccana.

Karakteristik Tumbuhan

Pohon besar; dengan tinggi mencapai 40 m dan gemang hingga 1,5 m. Pepagan abu-abu, sedikit kasar berlentisel. Daun muda, ranting, dan karangan bunga dihiasi dengan rambut bintang yang rapat, pendek, dan berwarna perak mentega; seolah bertabur tepung. Dari kejauhan tajuk pohon ini tampak keputihan atau keperakanDaun tunggal, berseling, hijau tua, bertangkai panjang hingga 30 cm, dengan sepasang kelenjar di ujung tangkai. Helai daun hampir bundar, bundar telur, bundar telur lonjong atau menyegitiga, berdiameter hingga 30 cm, dengan pangkal bentuk jantung, bertulang daun menjari hanya pada awalnya, bertaju 3-5 bentuk segitiga di ujungnya.

Perbungaan dalam malai thyrsoid yang terletak terminal atau di ketiak ujung, panjang 10–20 cm. Bunga-bunga berkelamin tunggal, putih, bertangkai pendek. Bunga-bunga betina berada di ujung malai payung tambahan; bunga-bunga jantan yang lebih kecil dan mekar lebih dahulu berada di sekelilingnya, berjumlah lebih banyak. Kelopak bertaju 2-3; mahkota bentuk lanset, bertaju-5, panjang 6–7 mm pada bunga jantan, dan 9–10 mm pada bunga betina. Buah batu agak bulat telur gepeng, 5–6 cm × 4–7 cm, hijau zaitun di luar dengan rambut beledu, berdaging keputihan, tidak memecah, berbiji-2 atau 1. Biji bertempurung keras dan tebal, agak gepeng, hingga 3 cm × 3 cm; dengan keping biji keputihan, kaya akan minyak.

Kegunaan Tumbuhan

Indonesia memiliki empat bumbu dasar yang sering digunakan untuk memasak. Ada bumbu dasar merah, bumbu dasar oranye, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar putih. Bumbu dasar putih terbuat dari bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, ketumbar, dan juga garam. Gunakan bumbu dasar putih dengan kemiri untuk memasak hidangan seperti opor, sayur lodeh, semur, maupun tumisan.

Dengan menggunakan kemiri, masakan akan terasa lebih sedap. Kamu dapat menggunakan kemiri untuk memasak masakan berkuah, seperti sayur lodeh dan juga semur. Disebutkan juga dalam laman Saveur, bahwa kemiri bisa mengentalkan kuah masakan. Tak heran jika kemiri juga digunakan untuk mengental kari pada hidangan khas Malaysia.

Tak hanya menyedapkan masakan saja, kemiri juga dapat digunakan sebagai minyak rambut. Dengan menggunakan kemiri sebagai minyak rambut, rambut akan tampak lebih sehat, lebat, dan berwarna hitam alami. Penggunaan kemiri pada rambut pun bisa membuatnya terhindar dari kerontokan dan ketombe.

Minyak yang lekas mengering ini biasa digunakan untuk mengawetkan kayu, sebagai pernis atau cat, melapis kertas agar anti-air, bahan sabun, bahan campuran isolasi, pengganti karet, dan lain-lain. Minyak kemiri sebagai bahan bakar berkualitas lebih rendah daripada minyak tung, minyak serupa yang dihasilkan oleh buah tung (Vernicia fordii (sin. Aleurites fordii) dari Cina dan Aleurites montana).

Penutup

Tulisan ini merupakan hasil kajian kepustakaan ruang digital melalui situs internet. Ucapan terima kasih penulis kepada para pengelola situs internet yang telah saya jadi sumber tulisan ini dan mohon maaf nama penulis sumber tulisan tidak saya tuliskan disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar